Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami kesulitan mengirimkan barang antar pulau karena prosedur pengiriman barang via laut yang cukup rumit. Dalam hal ini memang setiap perusahaan jasa pengiriman barang masing-masing menerapkan prosedur yang berbeda, sehingga tak jarang membuat customer kesulitan mendistribusikan barang via laut karena beberapa persyaratan yang tidak mampu dipenuhi.

Disini kami dari Cargonesia Express mencoba menawarkan solusi kepada Anda yang bermaksud mengirimkan barang antar provinsi atau antar pulau dengan prosedur pengiriman barang via kapal laut yang lebih mudah. Ada beberapa prosedur yang harus Anda lalui namun kami yakin Anda mampu memenuhi atau melewatinya dengan mudah sehingga pengiriman barang tidak lagi mengalami penundaan.

Apa saja yang harus Anda siapkan untuk mengirimkan barang via kapal laut?

Cargonesia tak hanya memberi kemudahan pengiriman barang via darat dan udara namun juga kemudahan prosedur pengiriman barang via kapal laut. Disini Anda cukup menyiapkan data atau informasi barang yang akan dikirim mencakup jenis barang, jumlah koli, dimensi barang, juga jenis packaging barang apakah berbentuk peti, dus, atau karung.

Jika proses packing sudah selesai dan barang siap dikirimkan, Anda harus menghubungi bagian customer service Cargonesia untuk memastikan jadwal keberangkatan kapal terdekat ke kota tujuan sekaligus untuk melakukan booking space di container. Tujuannya supaya barang kiriman bisa diangkut sesuai jadwal keberangkatan kapal sehingga lebih cepat sampai pelabuhan di kota tujuan.

Jika barang belum siap atau masih dalam proses pengurusan import dan belum siap produksi, sebaiknya Anda segera mengkonfirmasikan ke Costumer Service Cargonesia mengenai jadwal terdekat maupun sesudahnya. Hal ini penting untuk memudahkan proses pendistribusian barang yang Anda kirim ke gudang container.

Apakah ada hal-hal lain yang perlu Anda tanyakan ke Customer Service Cargonesia?

Supaya proses pengiriman barang lebih cepat sebaiknya Anda tanyakan ke petugas bagian Gudang Container Cargonesia mengenai tempat stuffing atau tempat penumpukan barang sesuai tujuan pengiriman Anda. Mengapa harus begitu? Sebab biasanya tempat pemuatan barang ke container berbeda untuk tiap-tiap kota. Kemungkinan juga maskapai pelayaran yang digunakan berbeda dari maskapai pelayaran yang direncanakan semula.

Untuk kelancaran proses pengiriman sebaiknya beberapa hal diatas Anda perhatikan baik-baik. Jika Anda sudah melewati langkah-langkah diatas maka Anda tinggal mengirimkan barang-barang cargo laut Anda sesuai instruksi yang sudah disepakati antara Anda dan Cargonesia.

Berapa biaya yang harus Anda bayarkan untuk pengiriman barang via kapal laut Cargonesia?

Untuk menepis kekhawatiran pembengkakan dana biaya pengiriman barang via laut, Cargonesia memberikan transparansi biaya berdasarkan pengukuran ulang dengan rumus tertentu. Benar, petugas dari Cargonesia akan melakukan pengukuran ulang di lapangan untuk memastikan akurasi dimensi barang yang dikirimkan sebelumnya sesuai dengan fisik barang yang Anda kirimkan.

Disini kami melakukan perhitungan dimensi barang dengan menggunakan satuan kubik berdasarkan rumus: Panjang (P) x Lebar (L) x Tinggi (T) dibagi 1.000.000 = … meter kubik. Berapa minimum meter kubik barang yang Anda kirimkan? Untuk tujuan kota-kota tertentu kami memberlakukan minimum charge pengiriman barang 3-5 meter kubik.

Apakah Anda mendapatkan tanda bukti pengiriman barang via kapal laut?

Tentu saja, sebagai bukti anda telah melakukan pengiriman barang via kapal laut, Anda akan mendapat tanda terima pengiriman barang sesuai data atau informasi yang Anda kirim dan tujuan barang kiriman. Tanda bukti pengiriman barang berupa kwitansi rincian biaya pengiriman dan stempel lunas. Jika Anda memilih pelunasan melalui transfer segera lakukan konfirmasi ke bagian administrasi pusat Cargonesia supaya tidak ada hambatan saat proses pengantaran barang setelah tiba di kota tujuan.